Jumat, 23 April 2010

pentingnya nilai-nilai tradisional bagi remaja masa kini

Pada masa kini, remaja telah banyak terpengaruh oleh budaya Barat yang moderen. Dengan adanya budaya Barat tersebut, mereka akan merasa lebih percaya diri dalam bergaul dan juga merasa hidupnya lebih baik. Akan tetapi, dengan banyaknya budaya Barat yang diserap oleh anak-anak remaja kini, mereka jadi lebih mudah melupakan nilai-nilai tradisional atau budaya Ketimuran yang pernah ada.

Nilai- nilai tradisional adalah sebuah hal yang mencakup perilaku dan gelagat kita terhadap orang yang lebih tua maupun terhadap sesama seperti moralitas, .adat istidadat, realigi, dan lain-lain. Namun, budaya Barat telah banyak menodai remaja kita sehingga nilai tradisional tersebut dianggap kuno dan tak ada arti bagi remaja negeri kita. Karena budaya Barat menularkan budayanya yang bertentangan jauh dari adat istiadat serta moralitas yang kita punyai, banyak pengaruh buruk yang remaja negeri kita terima.

Saat ini jarang sekali terjadi gotong royong antar sesama. Anak-anak remaja sekarang hanya memikirkan diri sendiri dan mereka tak peduli jika ada yang kesusahan dan meminta bantuan. Gotong royong merupakan salah satu tradisi negeri kita yang lama pudar. Dahulu orang-orang negeri kita hidup membantu satu sama lain dan mementingkan arti kebersamaan. Namun akibat budaya Barat yang lebih memprioritaskan diri sendiri, otomatis remaja sekarang pun juga terlular perilaku cuek seperti itu.

Tak hanya itu, budaya kita mengajarkan bahwa jika orang tua berbicara pada kita, kita harus tunduk dan mendengarkan mereka tanpa menyahut satu patah kata pun. Akan tetapi, saat ini anak-anak remaja tidak bisa tunduk lagi pada orangtua. Mereka cenderung melawan dan tidak mau mendengarkan apa yang orang tua katakan. Saat ini, remaja melupakan perannya untuk menaati dan menghormati mereka sebagai orang yang lebih tua dari kita. Mereka sangat tidak menghargai nilai sopan santun. Sifat santun pada orang tua tak boleh hilang pada darah remaja karena orang tua adalah orang yang lebih berpengalaman dan yang melahirkan kita, kita seharusnya menghargai dan menyayangi mereka.

Banyak sekali alasan mengapa nilai-nilai tradisional itu penting. Salah satunya adalah agar remaja dapat membangun masa depan negara lebih baik. Dengan adanya nilai tradisi yang kita pegang, satu sama lain dapat menjalin hubungan yang baik dan dapat bekerja sama dalam menyatukan perbedaan yang kita miliki untuk memimpin bangsa kita di waktu mendatang.Dan juga, dengan adanya nilai tradisional tersebut, kita dapat membuktikan pada dunia bahwa budaya Ketimuran yang masih kita lekatkan pada diri kita masing-masing membawa dampak dan keuntungan yang baik untuk kita dan orang lain.

1 komentar:

  1. lebih penting mana HAM dari budaya barat atau adat istiadat budaya timur?

    BalasHapus